Perkembangan dan Evolusi Desain Logo

Perkembangan dan Evolusi Desain Logo

Sejarah desain logo sebenanrya dimulai berdasarkan ekspresi manusia yang pada jaman dahulu sering digunakan untuk menunjukan aktifitas, eksistensi, dll, sebagai contoh nyata adalah karya manusia goa yang sudah banyak ditemukan yang kemudian disebut sebagai simbol. Kekuatan fundamental dari sebuah simbol tetap merupakan unsur yang paling penting dari sebuah desain logo. Desain logo menjadi topik yang kontroversial dalam dunia desain akhir-akhir ini. Salah satu perusahaan branding terkenal baru-baru ini mengklaim bahwa desain logo tidak sulit untuk dilakukan dan yang lain mengatakan bahwa desain logo telah berakhir, adapula beberapa kalangan yang membantah sementara yang lain setuju. Mengapa hal ini menjadi sebuah topik yang hangat dibicarakan??
Kita hidup di Era Brand, dan bagi sebagian orang ada yang bercita-cita untuk menjadi seperti Paul Rand dalam mendesain. Dimana begitu mudahnya dia mendesain sebuah logo kontemporer yang terlihat seperti menulis dengan pena bulu.
Desain logo adalah salah satu segi kekuatan dari sebuah brand. Desain logo yang baik adalah desain logo yang dapat berkomunikasi dengan audience, setidaknya dapat menunjukan identitas sebuah brand, namun saat ini ada banyak logo yang tidak dapat menyampaikan atau berkomunikasi dengan baik. Berdasarkan fakta tersebut bebrapa master dalam desain logo menyampaikan sebuah pernyataan yang mengejutkan
”  Desain logo tidaklah mati. Perkembangan teknologi dan industri kita yang kacau yang menyebabkan desain logo ‘berkembang “
Berdasarkan pernyataan diatas saya pribadi menangkap bahwa para master membuat sebuah pernyataan yang bersifat seperti dua sisi pedang, Kata “berkembang” yang saya sorot pada pernyataan tersebut dapat bermakna desain logo mengalami perkembangan yang baik karena banyaknya treknologi grafis yang memudahkan untuk menghasilkan logo berkualitas, namun pernyataan tersebut juga dapat bersifat sarkasme, dimana para master hendak menyindir dengan perkembangan teknologi yang menyediakan banyak sekali kemudahan untuk menghasilkan sebuah logo berkualitas mengakibatkan berkurang nya generasi profesional seperti Paul Rand dan kawan-kawan, yang benar-benar menggunakan skill untuk mendesain sebuah logo yang terbukti bertahan dan dikenal hingga lintas generasi. Saya sendiri merasa “berdosa” karena selama ini menganggap mendesain sebuah logo adalah sesuatu yang mudah, tentu saja mudah karena saya dibantu dengan berbagai kemudahan yang ada, bahkan tidak jarang ada pembuat logo yang menawarkan jasa nya secara cuma-cuma, namun  saya tidak mau men-judge orang lain, karena setiap orang memiliki tujuan yang berbeda dalam memberikan pelayanan nya.
Berangkat dari perdebatan ini maka saya mau mencoba menggali tentang darimana sebenarnya desain logo berasal serta perkembangan dan evolusi desain logo. Kita akan melihat darimana desain logo itu berasal,  dan bagaimana logo di masa yang akan datang.

https://aldianlo.com/perkembangan-dan-evolusi-desain-logo/

Komentar

Postingan Populer